Pemudik Serbu Pantai Barus di Hari Terakhir Libur Lebaran

TAPTENG|GarisPolisi.com - Ratusan pemudik yang berlebaran di kampung halamannya di Sibolga dan Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, memanfaatkan hari terakhir libur Lebaran untuk berwisata ke Pantai Pal Tujuh di Kecamatan Barus, yang terkenal dengan keindahannya.

Membakar ikan sambil menikmati indahnya pantai menjadi momen yang dirindukan para pemudik yang berasal dari Kota Barus ini.

Usai merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan saling memaafkan, melepas rindu, dan bersilaturahim dengan sanak keluarga, para pemudik biasanya memanfaatkan liburan Lebaran ini dengan berkumpul bersama keluarga dan berwisata ke pantai di pesisir barat Sumatera Utara ini.

Di sepanjang lokasi wisata Pantai Barus, tersedia warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Namun, para pemudik yang pulang ke kampung halamannya ini merindukan suasana memasak sendiri ikan yang mereka bawa dengan menyiapkan api untuk membakar ikan di pinggir pantai.

Seperti keluarga besar Rangkuti yang berasal dari Kota Barus ini, beberapa anggota keluarganya telah merantau ke berbagai daerah di Indonesia seperti Surabaya, Makassar, Sumatera Barat, dan Riau, dan baru dapat berkumpul saat Hari Lebaran seperti ini.

Mereka membawa ikan dan bahan makanan lainnya dan dibakar di pinggir pantai. Setelah ikan yang dibakar masak, mereka pun menyantapnya bersama dalam suasana gembira.

Undo, salah satu pemudik asal Surabaya, mengaku dirinya sudah hampir sepuluh tahun tidak mudik ke kampung halamannya di Barus, Tapanuli Tengah. Ia mengaku Lebaran tahun ini merupakan momen yang sangat berharga bisa berkumpul bersama keluarga besar dan saudara lainnya yang berasal dari berbagai daerah.

"Kami datang ke Pantai Pal Tujuh bersama kakak adik dan ponakan-ponakan yang mudik dari NTT, Surabaya, Pekanbaru, Sumbar, Medan," kata Undo.

"Pantainya sangat luar biasa bagusnya, tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Indonesia saat ini," tambahnya.

Diperkirakan hingga hari Senin ini, para wisatawan lokal maupun wisatawan dari daerah lain yang berdekatan dengan lokasi Pantai Barus ini seperti Tapanuli Utara, Padang Sidempuan, dan Mandailing Natal akan memadati lokasi wisata pantai ini. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar