Fazri Efendi Pasaribu SH.MH Dilantik Menjadi Ketua Umum Ikatan Masyarakat Tapteng-Sibolga Sumatera Utara Periode 2023-2028

MEDAN|GarisPolisi.com - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sumatera Utara, diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan Ir. Muhammad Arman Effendi Pohan, melantik pengurus Ikatan Masyarakat Tapanuli Tengah-Sibolga (Imatapteng - Sibolga periode 2023-2028. Pelantikan berlangsung di Aula Raja Inal Siregar, Jalan Diponegoro, Medan, pada Minggu, 9 Juni 2024.

Mengambil tema "Masyarakat Tapanuli Tengah yang Berbudaya, dan Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Peradaban Pasisi", acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat Sibolga-Tapteng yang berada di Medan, serta berbagai perkumpulan etnis dan organisasi kemasyarakatan. Beberapa organisasi yang hadir antara lain PWM Muhammadiyah Sumut, DPW Nahdlatul Ulama Sumut, Pimpinan Cabang Alwasliyah Medan, serta perkumpulan masyarakat Minang, Melayu, Nias, Karo, Pujakesuma, dan Aceh Sepakat.

Ketua panitia, Syarifuddin Falam, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan masyarakat Sibolga-Tapteng. "Saya sangat terharu melihat dukungan dan kehadiran masyarakat Tapanuli Tengah dan Sibolga dalam pelantikan pengurus Imatapteng-Sibolga periode 2023-2028 ini," katanya.

Pj Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta SH, yang diwakili oleh Staff Ahli Bupati, Wirdan Tanjung, menyatakan apresiasinya terhadap pengurus Imatapteng-Sibolga yang baru. Menurutnya, masyarakat Tapanuli Tengah yang berada di luar kabupaten telah banyak berkontribusi untuk kemajuan daerah, termasuk melahirkan tokoh-tokoh nasional seperti Ir. Akbar Tanjung, Jenderal Feisal Tanjung, dan pengusaha terkenal Chairul Tanjung.

Hal senada disampaikan oleh Walikota Sibolga, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Sibolga, Junaidy Tanjung. "Pemerintah Kota Sibolga siap bersinergi dan bekerja sama untuk memajukan masyarakat Imatapteng-Sibolga baik yang ada di luar kota maupun yang ada di Sibolga," ujarnya. Ia menambahkan bahwa saat ini Kota Sibolga sedang giat membangun sarana pariwisata untuk menarik wisatawan.

Wakil Ketua DPRD Sumut, Rahmansyah Sibarani, yang juga duduk sebagai Dewan Pakar di pengurusan Imatapteng-Sibolga, mengajak seluruh masyarakat untuk kompak membesarkan organisasi ini. "Pengurus Imatapteng-Sibolga periode 2023-2028 sudah dilantik, marilah kita beri kesempatan kepada pengurus terpilih yang saya lihat adalah orang-orang kompeten," katanya. Rahmansyah juga memberikan bantuan satu unit ambulans yang dapat digunakan oleh masyarakat Sibolga-Tapteng yang berada di Medan sekitarnya.

Pj Gubernur Sumatera Utara, diwakili oleh Ir. M.A. Effendi Pohan, menyatakan bahwa pemerintah provinsi siap bersinergi dan mendukung program-program Imatapteng-Sibolga. "Tapanuli Tengah tidak bisa dipisahkan dari diri saya, lebih separuh karir saya di pemerintahan ada di Tapanuli Tengah," ujarnya.

Ketua Umum Pengurus Imatapteng-Sibolga 2023-2028, Fazri Efendi Pasaribu, menyampaikan tiga langkah awal program kerja pengurus baru:

  1. Membentuk sekretariat baru sebagai tempat berkumpul masyarakat Tapteng-Sibolga.
  2. Mendata ulang seluruh masyarakat Tapteng-Sibolga di Kota Medan sekitarnya untuk mengeratkan persaudaraan di rantau.
  3. Menampung keluhan masyarakat Tapteng-Sibolga di rantau dan mencarikan solusi atas persoalan yang ada.

Pelantikan disertai dengan acara adat, dimana Ketua Terpilih Fazri Efendi Pasaribu diarak dengan Sikambang, mengenakan pakaian adat khas Pesisir Barus, sesuai tema acara yang menjunjung nilai-nilai peradaban Pasisi.

(BAT).

Posting Komentar

0 Komentar