Warga Labuhan Deli Kecewa, Panwascam Labuhan Deli Didominasi Orang Luar

Rudianto S., mantan Ketua Panwascam Labuhan Deli periode 2014-2019.

LABUHANDELI|GarisPolisi.com - Pengumuman Bawaslu Kabupaten Deli Serdang tentang nama-nama anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kecamatan Labuhan Deli untuk Pemilu 2024 menuai kekecewaan dari masyarakat setempat. Pasalnya, tidak ada satupun warga Labuhan Deli yang terpilih, dan dua orang yang terpilih justru berasal dari Kecamatan Percut Sei Tuan.

Keputusan Bawaslu ini tertuang dalam Surat Keputusan No.096/KP.01/SU-04/5/2024. Kekecewaan ini diungkapkan oleh Rudianto S., mantan Ketua Panwascam Labuhan Deli periode 2014-2019.

"Sangat mengecewakan. Bagaimana mungkin tidak ada satupun warga Labuhan Deli yang terpilih? Padahal banyak peserta dari Labuhan Deli yang memiliki pengalaman dan kompetensi yang baik," ujar Rudianto, Jumat,(24/5/2024).

Dia menambahkan, Bawaslu Deli Serdang terkesan merendahkan kualitas dan kemampuan masyarakat Labuhan Deli. "Ini seolah-olah mengatakan bahwa masyarakat Labuhan Deli tidak mampu menjadi penyelenggara Pemilu 2024," tuturnya.

Keberatan Rudianto diperkuat dengan fakta bahwa ini merupakan kali pertama dalam sejarah Pemilu di Labuhan Deli tidak ada satupun warga setempat yang terpilih sebagai Panwascam.

Lebih lanjut, Rudianto menduga adanya pengkondisian oleh Bawaslu Deli Serdang untuk kepentingan Pilkada di Deli Serdang. "Saya akan melakukan pengawasan ketat terhadap Panwascam terpilih. Jika mereka tidak bekerja secara profesional, saya bersama warga akan melaporkannya ke DKPP," tegasnya.

Hingga saat ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Deli Serdang, Febriyandi Ginting, belum memberikan tanggapan terkait hal ini.

(San)

Posting Komentar

0 Komentar