"Road To World Water Forum": USAID IUWASH Tangguh, SMSI Siantar-Simalungun, dan Pemangku Kepentingan Bersinergi Dorong Akses Air Minum dan Sanitasi Aman di Simalungun

SIMALUNGUN|GarisPolisi.com- USAID IUWASH Tangguh, program USAID yang fokus pada peningkatan akses air minum, sanitasi, dan higiene (WASH) yang dikelola dengan aman di daerah perkotaan, terus menjalankan programnya di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Salah satu kegiatannya adalah kunjungan lapangan ke Kelurahan Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Simalungun, yang melibatkan media SMSI Siantar-Simalungun dan berbagai pemangku kepentingan.

Kunjungan lapangan ini diawali dengan pemaparan program USAID IUWASH Tangguh di Aula Kelurahan Sinaksak. Para peserta, yang terdiri dari perwakilan warga, diajak untuk memahami pentingnya akses air minum dan sanitasi aman bagi kesehatan dan kehidupan mereka.

"Pola hidup masyarakat masih harus banyak diubah dan dibutuhkan kesadaran bersama terkait pengetahuan dan kemauan untuk menjalani hidup sehat," ujar Juraini Purba, Camat Tapian Dolok, dalam sambutannya, Selasa (14/5/2024)

Kegiatan ini juga menyoroti peran penting media dalam mendukung pengembangan masyarakat, khususnya dalam menyebarkan informasi tentang perubahan yang terjadi dan membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya air minum dan sanitasi aman.

"Media memiliki kekuatan untuk menyebarluaskan informasi, membentuk opini publik, dan mempengaruhi perilaku yang berujung pada perubahan positif di tengah-tengah masyarakat dan pembangunan," ujar salah satu narasumber.

Kunjungan lapangan ke masyarakat di Kelurahan Sinaksak memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kondisi dan tantangan dalam pemenuhan akses air minum dan sanitasi aman di wilayah tersebut.

"Dari kunjungan ini, kita bisa melihat secara langsung kondisi di lapangan dan memahami apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi aman bagi masyarakat," ujar perwakilan USAID IUWASH Tangguh.

Kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan fakta integritas oleh perwakilan USAID IUWASH Tangguh, Pemerintah Kabupaten Simalungun, PDAM Tirta Lihou, SMSI Siantar-Simalungun, dan tokoh masyarakat.

Penandatanganan ini merupakan komitmen bersama untuk meningkatkan akses air minum, sanitasi, dan higiene di Kabupaten Simalungun.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Dirut PDAM Tirta Lihou, Dinas Kesehatan Simalungun, Dinas Lingkungan Hidup, Camat Tapian Dolok, Lurah Sinaksak, Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta tim dari USAID IUWASH Tangguh dan SMSI Siantar-Simalungun.

Kolaborasi dan sinergi antara berbagai pihak ini diharapkan dapat mempercepat pencapaian akses air minum dan sanitasi aman bagi masyarakat di Kabupaten Simalungun dan meningkatkan derajat kesehatan mereka.

(San)

Posting Komentar

0 Komentar