Pj Bupati Tapteng Salurkan Bantuan Rp 26 Juta Per Unit untuk Rehab RTLH di Kecamatan Sorkam



Editor: Yasiduhu Mendrofa

TAPTENG|GarisPolisi.com - Kabar gembira bagi masyarakat di Kecamatan Sorkam, Tapanuli Tengah (Tapteng). Pemerintah Kabupaten Tapteng, melalui Pj Bupati Dr. Sugeng Riyanta, SH., MH., menyalurkan bantuan untuk program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di wilayah tersebut.

Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di Desa Sorkam Kiri, Kecamatan Sorkam, pada Rabu (15/5/2024). Pj Bupati Sugeng Riyanta dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagia dan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Bank Tabungan Negara (BTN) sebesar Rp 540 juta untuk program RTLH di Tapteng.

"Bantuan ini merupakan bukti bahwa kita tidak sendiri. Ketika kita berusaha dan tidak berpangku tangan, selalu ada uluran tangan. Dan Tuhan itu maha baik, telah mengabulkan doa hambanya melalui bantuan BTN," ujar Pj Bupati Sugeng Riyanta.

Bantuan dari BTN ini akan disalurkan kepada 27 unit RTLH di Kecamatan Sorkam. Masing-masing unit akan mendapatkan Rp 20 juta. Selain itu, Pj Bupati Sugeng Riyanta juga memberikan bantuan donasi sebesar Rp 1 juta per unit, dan PAPDESI Tapteng memberikan bantuan donasi sebesar Rp 5 juta per unit.

"Dengan demikian, total bantuan yang diterima oleh masing-masing unit RTLH adalah Rp 26 juta," jelas Pj Bupati Sugeng Riyanta.

Pj Bupati Sugeng Riyanta berharap bantuan ini dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kecamatan Sorkam. Ia juga menghimbau masyarakat untuk menjaga dan merawat rumah yang telah direhab dengan baik.

Pemkab Tapteng telah melakukan berbagai upaya untuk menangani RTLH di wilayahnya. Sebelumnya, Pemkab Tapteng telah membangun RTLH di Kecamatan Sorkam, Kolang, Badiri, dan Sukabangun.

"Penyerahan bantuan RTLH hari ini merupakan komitmen Pemkab Tapteng untuk mewujudkan program "TAPTENG MEMBARA" (Tapanuli Tengah Membangun Rumah Rakyat)," kata Pj Bupati Sugeng Riyanta.

Pj Bupati Sugeng Riyanta juga menambahkan bahwa Pemkab Tapteng memiliki 4 program prioritas yang harus digotong royongkan bersama. Keempat program tersebut adalah menurunkan stunting, menurunkan kemiskinan ekstrim, melakukan pembangunan atau rehab RTLH, dan menuntaskan Program UHC (Universal Health Coverage).

"Kita tidak bisa sendiri mengingat Pemerintah Kabupaten Tapteng dengan keterbatasan anggaran dan dana. Sementara kebutuhan itu nyata dan harus segera dipenuhi," ujar Pj Bupati Sugeng Riyanta.

Branch Manager BTN Kantor Cabang Pematangsiantar, Yudhistiro Eko Sejati, menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada BTN untuk berpartisipasi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat di Tapteng.

"Dengan adanya momentum ini, kerjasama yang terjalin antara Pemerintah Daerah dengan Bank Tabungan Negara ini dapat meningkatkan masyarakat ke level yang lebih tinggi lagi," kata Yudhistiro Eko Sejati.

Yudhistiro Eko Sejati juga menegaskan bahwa BTN siap mendukung program-program Pemkab Tapteng.

Pada kesempatan ini, Pj Bupati Sugeng Riyanta menyerahkan bantuan RTLH kepada 14 unit RTLH. Ia juga menyerahkan Piagam Penghargaan dan Cinderamata kepada Bank Tabungan Negara Cabang Pematang Siantar yang diterima oleh Branch Manager Yudhistiro Eko Sejati.

Usai kegiatan penyerahan bantuan, Pj Bupati Sugeng Riyanta bersama rombongan meninjau rumah yang akan dibangun dan dilanjutkan meninjau Rumah Tidak Layak Huni yang telah selesai dibangun di Desa Madani, Kecamatan Sorkam Barat.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain, Pimpinan DPRD Tapteng Agus Fitriadi Panggabean, Kadis Perkim Tapteng Winner Napitupulu, Kabag Kesra Tapteng, Camat Sorkam, Kapolsek Sorkam, Ketua DPC PAPDESI Kabupaten Tapteng, Kepala Cabang BTN Sibolga, Babinsa, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Kepala Desa dan Lurah Se-Kecamatan Sorkam

Posting Komentar

0 Komentar