Peran Pemuda Madina dalam Menjaga Kamtibmas Jelang Pilkada Serentak 2024

MADINA|GarisPolisi.com - Pemuda Mandailing Natal (Madina) memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024. Hal ini ditegaskan dalam acara Silaturahmi Pemuda-Pemudi Madina dengan tema "Pemuda Marsada Hata Manjago Roha" yang diadakan oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Madina pada Senin (6/5/2024).

Acara yang dihadiri oleh berbagai elemen pemuda, termasuk Kapolres Madina, Ketua Rois Surya PW NU Sumatera Utara, dan tokoh masyarakat lainnya, ini bertujuan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan pemuda Madina dalam menjaga Kamtibmas dan membangun desa yang aman dan kondusif.

Ketua PC GP Ansor Madina, Sahnan Nasution, S.H., dalam sambutannya mengatakan bahwa pemuda harus bersatu dan tidak menyerahkan semua persoalan kepada kepolisian. Pemuda harus proaktif dalam membantu menciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif, terutama menjelang Pilkada 2024.

"Negara kita Indonesia sangat luas dan rentan terhadap perpecahan. Oleh karena itu, pemuda harus bersatu untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," ujar Sahnan.

Sahnan juga mengajak para pemuda untuk tidak terjebak dalam politik praktis dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu SARA yang dapat memecah belah persatuan.

Kapolres Madina yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Madina, AKP Saszorro Efendi, menyambut baik acara silaturahmi ini dan berharap dapat mempererat tali persaudaraan, meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta mempersatukan antar umat beragama di Indonesia.

Kasat Binmas juga berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga tema acara "Marsada Hata Manjago Huta" (Pemuda Bersatu Menjaga Desa) dapat terlaksana di tengah-tengah masyarakat.

Ketua Rois Surya PW NU Sumatera Utara, KH Bahauddin Nasution LC, mengapresiasi terlaksananya acara ini dan berharap dapat membantu pemuda-pemudi membentengi desanya dari gangguan dari luar sehingga menjadi nyaman dan tentram.

Acara Silaturahmi Pemuda-Pemudi Madina ini juga diisi dengan sosialisasi tentang pentingnya menjaga Kamtibmas dan membangun desa yang aman dan kondusif. Sosialisasi ini disampaikan oleh dua pemateri, yaitu Ki Bahauddin Nasution LC dan Khoiruddin Faslah Siregar S.Sos.

Selain itu, acara ini juga menjadi wadah bagi para pemuda untuk bertukar ide dan pengalaman dalam menjaga Kamtibmas di desanya masing-masing.

Silaturahmi Pemuda-Pemudi Madina ini merupakan langkah positif untuk memperkuat peran pemuda dalam menjaga Kamtibmas dan membangun desa yang aman dan kondusif. Diharapkan acara ini dapat meningkatkan kesadaran pemuda untuk berperan aktif dalam menjaga stabilitas dan keamanan di wilayahnya, terutama menjelang Pilkada Serentak di Sumatera Utara tahun 2024 (Red)

Posting Komentar

0 Komentar