Lanal TBA Gagalkan Penyelundupan 23 PMI Non Prosedural ke Malaysia, Sinergi dengan BP3MI Diperkuat

TANJUNGBALAI|GarisPolisi.com - Upaya TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam menjaga kedaulatan dan keamanan wilayah Indonesia kembali membuahkan hasil. Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjungbalai Asahan (TBA) berhasil mengamankan 23 Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural yang hendak menuju Malaysia melalui jalur laut ilegal.

Penangkapan bermula pada Jumat (17/5/2024) saat Tim F1QR Lanal TBA melakukan patroli rutin di sekitar perairan Kuala Tanjung, Batubara. Sekitar pukul 21.00 WIB, tim mendeteksi adanya kapal nelayan mencurigakan yang diduga membawa PMI non prosedural menuju Malaysia.

Tim F1QR Lanal TBA bergerak cepat dan berhasil mencegat kapal tersebut. Dari hasil pemeriksaan, ditemukan 23 PMI non prosedural dan 2 Anak Buah Kapal (ABK). Para PMI dan ABK kemudian dibawa ke Mako Lanal TBA untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

Komandan Lanal TBA, Letkol Laut (P) Wido Dwi Nugraha, S.E., M.Tr. Opsla., menyampaikan keprihatinannya atas maraknya pengiriman PMI non prosedural.

"Dengan sering terulangnya pengiriman PMI non prosedural, Lanal TBA akan berkoordinasi dan meningkatkan sinergitas dengan stakeholder terkait, dalam hal ini Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Tanjung Balai," ujar Letkol Wido.

Lebih lanjut, Letkol Wido menjelaskan bahwa edukasi kepada masyarakat tentang cara bekerja di luar negeri secara legal perlu terus digalakkan.

"Kita perlu memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa biaya yang dikeluarkan untuk bekerja di luar negeri melalui jalur resmi dan ilegal tidak jauh berbeda. Dengan edukasi yang tepat, diharapkan pelanggaran terkait pengiriman PMI secara non prosedural dapat diminimalisir," imbuhnya.

Senada dengan Letkol Wido, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali telah menyerukan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk selalu waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam merespon cepat informasi, termasuk upaya penyelundupan, khususnya Narkoba dan PMI di wilayah kerja yang rawan dan berbatasan dengan negara tetangga.

Saat ini, para PMI non prosedural yang diamankan sedang menjalani pemeriksaan di Mako Lanal TBA. Pihak Lanal TBA juga berkoordinasi dengan BP3MI Tanjung Balai untuk proses pemulangan para PMI ke daerah asal mereka. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar