Posyandu Desa Janji Maria, Upaya Meningkatkan Gizi Balita dan Kesehatan Lansia


Penulis: Yasiduhu Mendrofa

TAPTENG|GarisPolisi.com - Tim Kesehatan UPTD Puskesmas Sukabangun bersama Pemerintah Desa Janji Maria mengadakan kegiatan Posyandu untuk meningkatkan gizi balita dan kesehatan lansia di desa tersebut. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 6 April 2024 di samping rumah Kepala Desa.

Kegiatan Posyandu ini merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah yang tertuang dalam Surat Edaran Bupati No 500.12.1/077/2024. Pj Bupati Tapteng menginstruksikan seluruh OPD, Camat, Kepala Desa/Lurah, UPTD Puskesmas dan Kepala sekolah SMP serta SD Se-Kabupaten Tapteng untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat terhadap kemajuan pembangunan yang dilakukan Pemerintah Daerah.

Kepala Desa Janji Maria, Indra Kusumah Sinaga, menjelaskan bahwa kegiatan Posyandu ini merupakan salah satu program yang dibiayai dari Dana Desa (DD) Tahun 2024. Selain Posyandu, program lain yang didanai DD tahun ini dan telah disepakati dalam Musyawarah Desa (Musdes) adalah:

  • Pembagian BLT-DD kepada 50 Keluarga Penerima Manfaat (KPM)
  • Pembangunan Rabat Beton di Dusun 1
  • Pembangunan Jembatan di Dusun 2
  • Pengadaan bahan pangan

"Kegiatan Posyandu ini bertujuan untuk meningkatkan gizi balita dan kesehatan lansia di desa kita," kata Kades Indra.

"Kami juga membagikan bahan pangan berupa telur, bubur kacang hijau, dan susu kepada balita, lansia, dan ibu hamil," tambahnya.

Camat Sukabangun, Hot Binter Sibagariang, S.Sos., mengimbau kepada ibu hamil, lansia, dan ibu menyusui balita untuk rajin memeriksakan kesehatannya di Posyandu.

"Hal ini penting untuk menjaga kesehatan ibu dan anak," kata Camat Hot Binter.

"Jangan sungkan untuk menyampaikan keluhan kepada Kepala Desa atau perangkat desa Janji Maria ini sehingga bisa dibantu untuk dicarikan solusinya," ujar Camat.

Salah seorang lansia, Ibu Tamarauli Naigolan, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah memperhatikan kesehatan lansia dengan mengadakan kegiatan Posyandu dan memberikan bantuan bahan pangan.

"Kami sangat senang dengan kegiatan ini," kata Ibu Tamarauli. "Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan bermanfaat bagi kesehatan kami,"tambahnya.

Kegiatan Posyandu Desa Janji Maria berjalan dengan lancar dan kondusif. Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Sukabangun, Kepala Desa Janji Maria, Perwakilan Polsek Sibabangun, UPTD Puskesmas Sukabangun, PKK, ibu hamil, lansia, dan balita.

Posting Komentar

0 Komentar