Kerangka Manusia Ditemukan di Goa Sibura-Bura, Teridentifikasi Sebagai Hirman Hutabarat yang Hilang Sejak Februari

Penulis: Yasiduhu Mendrofa

TAPTENG|GarisPolisi.com - Kerangka manusia yang ditemukan di Lingkungan 4 Siburabura Desa Tapian Nauli Satu Kec. Tapian Nauli Kab. Tapteng, Rabu (17/4/2024) akhirnya teridentifikasi.

Berkat kerja sama Polres Tapanuli Tengah (Tapteng) dan tim forensik RSUD Pandan, identitas kerangka manusia tersebut terungkap sebagai Hirman Hutabarat (78), seorang warga Mela I Kec. Tapian Nauli Kab. Tapteng yang dilaporkan hilang sejak Februari 2024.

Kapolres Tapteng AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH melalui Kapolsek Kolang AKP Taher Lubis, SH menjelaskan bahwa keberhasilan identifikasi Hirman Hutabarat ini berawal dari laporan warga desa Mela 1 Kec. Tapian Nauli Kab. Tapteng yang kehilangan orang tua mereka sekitar tanggal 28 Februari 2024.

Hirman Hutabarat meninggalkan rumah tanpa tujuan yang jelas. Pencarian yang dilakukan keluarga selama berbulan-bulan tak membuahkan hasil.

Hingga akhirnya, pada Rabu (17/4/2024), kerangka manusia ditemukan di Goa Sibura-Bura. Petugas yang datang ke lokasi langsung melakukan evakuasi dan pemeriksaan.

Pihak keluarga Hirman Hutabarat yang mengetahui informasi penemuan kerangka ini kemudian melaporkan ke Polsek Kolang Polres Tapanuli Tengah untuk dilakukan tes DNA.

Tim Forensik RSUD Pandan yang dipimpin oleh Dr. Binsar Halomoan Lubis kemudian melakukan tes DNA terhadap sampel DNA dari anak kandung Hirman Hutabarat yaitu Rasman Weldimar Hutabarat (52), dan Hotman Derita Hutabarat, adik kandung almarhum.

Hasil tes DNA menunjukkan kecocokan yang tinggi, sehingga dipastikan bahwa kerangka tersebut adalah Hirman Hutabara.

"Pihak keluarga melaporkan kehilangan Hirman Hutabarat kepada pihak kepolisian. Setelah melakukan penyelidikan dan pemeriksaan di lokasi penemuan kerangka manusia, kami kemudian bekerja sama dengan tim forensik RSUD Pandan untuk melakukan identifikasi," ujar Kapolsek Kolang.

Proses identifikasi dilakukan dengan menggunakan tes DNA. Hasil tes DNA menunjukkan bahwa kerangka manusia tersebut adalah Hirman Hutabarat.

"Hasil tes DNA kedua sampel DNA jelas membenarkan bahwa kerangka Hirman Hutabarat merupakan ayah kandung dari Rasman W. Hubarat dan Abang Kandung dari Hotman Derita Hutabarat," tegas Kapolsek.

Saat ini, kerangka Hirman Hutabarat telah diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

Kapolsek Kolang juga menyampaikan terima kasih kepada tim forensik RSUD Pandan atas kerja samanya dalam mengungkap identitas kerangka manusia tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar