Kapolres Tapteng Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Toba 2024, Siap Amankan Mudik dan Idul Fitri

Editor: Yasiduhu Mendrofa

TAPTENG|GarisPolisi.com – Polres Tapanuli Tengah (Tapteng) menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2024 dalam rangka menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik serta perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun 1445 H.

Apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres Tapteng, AKBP Basa Emden Banjarnahor, S.I.K., M.H., ini diikuti oleh unsur TNI, pejabat instansi terkait, dan 180 personel Polri.

Kapolres Tapteng dalam amanatnya membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang menekankan pentingnya sinergi antara TNI-Polri dan berbagai pihak terkait dalam mengamankan arus mudik dan perayaan Idul Fitri tahun ini.

“Berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024, diprediksi terdapat 193,6 juta orang yang akan mudik, meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023. Menjawab tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Ketupat 2024 yang melibatkan 155.165 personel selama 13 hari, dari tanggal 4 s.d. 16 April 2024,” ujar Kapolres.

Di wilayah Polres Tapteng, Operasi Ketupat Toba 2024 melibatkan 180 personel Polri, instansi terkait, serta 2 Pos Pengaman, 2 Pos Pelayanan, dan 1 Pos Terpadu. Fokus pengamanan akan dilakukan di jalur-jalur rawan kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian.

“Aspek keamanan kamtibmas juga menjadi perhatian penting, baik di rumah yang ditinggalkan, jalur mudik, maupun lokasi wisata dan pusat keramaian. Patroli bersama akan dilakukan pada jam-jam rawan, dan layanan pelaporan rumah yang ditinggalkan dan penitipan kendaraan disediakan untuk membantu masyarakat mudik dengan tenang,” jelas Kapolres.

Selain itu, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok dan bahan bakar minyak (BBM) juga menjadi fokus utama. Koordinasi dengan stakeholder terkait akan terus dilakukan untuk memastikan stok dan harga kebutuhan pokok terjaga.

“Seluruh upaya dan perkembangan di lapangan akan diimbangi dengan strategi komunikasi publik yang baik. Masyarakat akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan melalui berbagai saluran komunikasi, sehingga dapat merencanakan perjalanannya dengan nyaman,” pungkas Kapolres.

(Sumber: Humas Polres Tapteng)

Posting Komentar

0 Komentar