Desa Toga Basir Bersemangat Lawan Stunting dan Dukung Tapanuli Tengah Layak Anak

 

Penulis: Yasiduhu Mendrofa

TAPTENG|GarisPolisi.com - Semangat mewujudkan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) yang Layak Anak terus digaungkan. Salah satunya dengan kegiatan cek kesehatan dan pembagian makanan bergizi bagi balita, ibu hamil, ibu menyusui, dan lansia di Desa Toga Basir, Kecamatan Pinang Sori, Minggu (14/4/2024).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Bupati Tapteng Nomor 1135/400.2.4/2024 tentang Kabupaten Tapanuli Tengah Layak Anak.

Bekerja sama dengan Tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan Tapteng, Bidan Desa, Tim Penggerak PKK Desa Toga Basir, Kader Posyandu, Desa Toga Basir ingin memastikan kesehatan warganya terjaga, khususnya dalam menurunkan angka stunting.

Kepala Desa Toga Basir, Maranius Mendrofa, menjelaskan bahwa kegiatan ini rutin diadakan setiap minggu.

"Dengan rutin melaksanakan kegiatan ini, diharapkan angka stunting dan kesehatan warga Desa Toga Basir, Kecamatan Pinang Sori, Kabupaten Tapanuli Tengah bisa membaik," ujarnya.

Selain pemeriksaan kesehatan, Desa Toga Basir juga membagikan susu untuk balita, susu untuk ibu hamil dan menyusui, dan susu untuk lansia, serta makanan tambahan seperti telur dan bubur kacang hijau.

Upaya ini tak hanya terhenti di situ. Desa Toga Basir juga memanfaatkan dana desa tahun 2024 yang mencapai Rp 976 juta untuk berbagai program, termasuk membangun rabat beton jalan usaha tani, memperbaiki akses jalan yang rusak, dan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada 6 keluarga penerima manfaat (KPM).

"Tahun 2024 Dana Desa Toga Basir sebesar Rp 976 juta dan penggunaannya telah disetujui lewat Musyawarah Desa (Musdes), dan beberapa item kegiatan yang diprogramkan telah dilaksanakan," jelas Maranius Mendrofa.

Mak Defani, salah satu ibu yang memiliki balita menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian Pemerintah Desa Toga Basir .

"Dimana telah memperhatikan kami warga Desa Toga Basir ini, kesehatan adalah hal Penting baik mulai dari Anak balita, ibu yang menyusui, ibu hamil dan lansia," ujarnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan Desa Toga Basir dapat menjadi contoh dalam mewujudkan Kabupaten Tapanuli Tengah yang Layak Anak, di mana kesehatan dan kesejahteraan anak menjadi prioritas utama.

Posting Komentar

0 Komentar