BSY Bersama Forkopimda Tapteng dan Sibolga Rayakan Hari Bumi di Pantai Indah Pandan

Komitmen Jaga Bumi dan Pantai Barat Sumut Bebas Plastik

Penulis:  Yasiduhu Mendrofa

TAPTENG|GarisPolisi.com - Bank Sampah Yamantab (BSY), bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) dan Kota Sibolga memeriahkan Hari Bumi 2024 dengan menggelar aksi bersih-bersih dan penandatanganan komitmen di Pantai Indah Pandan (PIP), Kabupaten Tapanuli Tengah, pada Senin (22/04/2024).

Acara yang bertemakan global "Planet vs Plastik" dan fokus lokal "Pantai Barat Sumut vs Plastik" ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kadis Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan (LHKP) Kota Sibolga, Abdul Karim Nasution, S.E., M.M., mewakili Pj. Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta, S.H, M.H, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Tapteng, Drs. Hikmal Batubara, perwakilan unsur Forkopimda Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga, Senior Manager Environment Health & Safety PT Agincourt Resources Martabe Gold Mining, Hari Ananto, Manager PLN UPDK Pandan, Aries Indrianto Elisa, Gerakan Mahasiswa Nasional (GMN), STPK Matauli, Tim Ecoranger Matauli, serta Saka Bhayangkara Kabupaten Tapanuli Tengah.

Dalam sambutannya, Direktur BSY, Damai Oktafianus Mendrofa menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang hadir, dan mengungkapkan harapannya agar Hari Bumi 2024 ini menjadi awal dari upaya konkret untuk mengurangi permasalahan sampah plastik di Pantai Barat Sumatera Utara.

"Dengan semangat kolaborasi dan komitmen yang kuat, diharapkan Earth Day 2024 ini dapat menjadi awal dari upaya konkret untuk mengurangi permasalahan sampah plastik di Pantai Barat Sumatera Utara sehingga membuahkan Suatu lingkungan yang bersih dan sehat," ujar Damai Mendrofa.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan penandatanganan surat kerjasama Komitmen Menjaga Bumi Earth Day Tahun 2024 Pantai Barat Sumut oleh Kadis LHKP Kota Sibolga,Abdul Karim Nasution, S.E., M.M. Diharapkan kerjasama ini dapat mendorong pengelolaan sampah plastik yang lebih efektif dan berkelanjutan di wilayah tersebut.

Sementara itu Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Tapteng, Drs. Hikmal Batubara, menyampaikan pesan penting dalam acara ini. Dia menekankan pentingnya menjaga kebersihan pantai dan lingkungan dari sampah plastik.

"Kita harus berkomitmen untuk menjaga kebersihan pantai dan lingkungan dari sampah plastik. Sampah plastik dapat mencemari lingkungan dan membahayakan biota laut, selain tiu apabila dikelola dengan baik sampah plastik bisa menjadi nilai tambah bagi perekonomian masyarakat, jadi pengelolaannya di TPA saja. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama menjaga bumi kita dengan bijak," ujar Hikmal Batubara.

Perayaan Hari Bumi 2024 yang diselenggarakan oleh Bank Sampah Yamantab bersama jajaran dan Forkopimda Tapteng dan Sibolga di Pantai Indah Pandan, merupakan wujud nyata kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, khususnya dalam memerangi sampah plastik di Pantai Barat Sumatera Utara.

Semangat kolaborasi dan komitmen yang kuat dari berbagai pihak diharapkan dapat menghasilkan solusi berkelanjutan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan lestari bagi generasi sekarang dan masa depan.

Posting Komentar

0 Komentar