Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni Landai, ASDP: Tiket Ferry Tidak Hangus

LAMSEL|GarisPolisi.comTrafik penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pulau Sumatera menuju Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung pada Senin (15/4/2024) siang terpantau sudah relatif landai. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar pemudik yang melakukan perjalanan mudik ke Sumatera telah kembali ke Jawa.

Menurut General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Shelvy Arifin, puncak arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni terjadi pada akhir pekan kemarin, Sabtu (13/4/2024) dan Minggu (14/4/2024). Hal ini sesuai dengan prediksi ASDP, mengingat masa libur Hari Raya Idul Fitri akan berakhir dan aktivitas para pekerja termasuk anak sekolah akan kembali normal pada Selasa (16/4/2024).

Shelvy menyampaikan apresiasi kepada para pengguna jasa ASDP yang telah tertib dan bersabar saat melakukan perjalanan mudik dan arus balik. Ia juga mengapresiasi para pemudik di Pelabuhan Bakauheni yang telah tertib dan bersabar saat mengantri di kantong parkir dan menunggu untuk naik ke kapal.

Data Posko Bakauheni mencatat, hingga H+3 (14 April 2024) malam, sebanyak 387.204 orang telah kembali ke Pulau Jawa dari Sumatera. Jumlah ini setara dengan 46% dari total penumpang yang berangkat dari Pulau Jawa pada arus mudik.

Untuk kendaraan, sebanyak 93.025 unit telah kembali dari Sumatera ke Jawa. Jumlah ini setara dengan 47% dari total kendaraan yang berangkat dari Pulau Jawa pada arus mudik.

ASDP memberikan kebijakan khusus selama periode arus balik Lebaran, yaitu tiket ferry tidak hangus selama pengguna jasa tiba di pelabuhan dalam 24 jam dari waktu check in yang tertera di tiket. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ketidaknyamanan pemudik seperti saat arus mudik.

Bagi pemudik yang masih belum kembali, Shelvy mengimbau agar segera membeli tiket dari sekarang melalui Ferizy atau mitra resmi ASDP agar tidak kehabisan kuota. Ia juga mengingatkan agar pemudik memastikan telah bertiket sebelum berangkat dan datang ke pelabuhan sesuai dengan jadwal keberangkatan yang tertera di tiket.

Shelvy menambahkan, para pengguna jasa agar memastikan telah mengisi identitas penumpang dan kendaraan secara lengkap dan benar saat melakukan reservasi tiket online sehingga hak asuransi pengguna jasa dapat tercatat dengan baik.

(Irwan)

Posting Komentar

0 Komentar