115 Personel Polres Labuhanbatu Ikuti Test Psikologis Sebagai Syarat Pegang Senpi

Kapolres Labuhanbatu AKBP Dr. Bernhard Leonardo Malau, SIK, MH (kiri), saat membuka pelaksanaan test psikologis sejumlah personel di Aula Yanpiter Mapolres Labuhanbatu.


Editor: Indra Dharma 


LABUHANBATU|GarisPolisi.com - Sebanyak 115 personel Polres Labuhanbatu Polda Sumut mengikuti test psikologis guna memenuhi persyaratan memegang Senjata Api (Senpi) organik yang merupakan bagian integral dari tugas sebagai anggota Polri.


Hasil pantauan, pelaksanaan test psikologis yang digelar di Aula Yan Piter Polres Labuhanbatu pada Jumat (2/2/204) pagi tersebut dibuka secara langsung oleh Kapolres Labuhanbatu didampingi Waka Polres dan sejumlah PJU Polres Labuhanbatu. 


Kepada awak media, Kapolres Labuhanbatu AKBP Bernhard Malau melalui Kasihumas Akp Parlando Napitupulu mengatakan, test psikologi yang dilaksanakan pihaknya merupakan sarana untuk menilai kelayakan dan kematangan psikologis personel yang akan memegang senjata api.


"Tim penilai psikologi berasal dari team psikologi Polda Sumut, yang terdiri dari psikologi kepolisian pertama Tk. II RO SDM Polda Sumut (IVB) dan Bamin Subbagpsipol Bagpsi RO SDM Polda Sumut," ujar Akp Parlando menjelaskan. 


Menurut Parlando, kepemilikan Senpi bagi anggota Polri merupakan kelengkapan penting dalam pelaksanaan kegiatan keseharian anggota Polri, baik itu guna penyelidikan dan dalam penyidikan suatu tindak pidana. 


"Melalui test psikologi ini, diharapkan dapat memberikan evaluasi mendalam terkait kelayakan dan kepatutan setiap personel untuk menggunakan senjata api organik," ujarnya menambahkan. 


Parlando juga menyebutkan, pelaksanaan tes psikologi merupakan langkah preventif Polri untuk mencegah penyalahgunaan senjata api oleh setiap personel.


"Setiap personel diharuskan mengikuti semua materi tes dan administrasi test, dimana nantinya hasil dari tes tersebut akan dievaluasi untuk memastikan bahwa calon pemegang senjata api memenuhi semua syarat yang ditetapkan," tukas Humas mengakhiri. 


Personel Polres Labuhanbatu saat mengikuti giat test psikologis kepemilikan senjata api.







Posting Komentar

0 Komentar