Puluhan Emak-Emak Geruduk Pabrik PT. Rusindo Prima Food Terkait Pembuangan Limbah

HAMPARANPERAK|GarisPolisi.com - Puluhan warga yang didominasi oleh emak-emak menggeruduk PT Rusindo Prima Food di Jalan Tandem Hilir, Desa Tandem Hilir 1, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (17/01/2024).

Kedatangan warga tersebut memprotes pembuangan limbah perusahaan yang memproduksi mie dibuang ke drainase di areal permukiman warga.

Pengamatan GarisPollsi.com di lokasi, warga langsung masuk ke dalam pabrik dan langsung bertemu dengan pihak perusahaan.

Safitri, salah satu warga mengatakan, warga sudah jenuh dengan limbah yang terus keluar dari PT. Rusindo Prima Food.

"Bukan hanya sekali ini kami sampaikan protes ini bang, sudah berulang kali, namun pihak pabrik menganggap angin lalu saja," ucapnya.

Dijelaskan Safitri, limbah yang dibuang pihak pabrik melalui drainase di lingkungan warga berwarna hitam dan berbau busuk.

"Pihak pabrik membuang limbah pada tengah malam dan saat musim hujan, kalau sudah buang aromanya bikin sesak dada bang," jelasnya.

"Akibat limbah tersebut, seluruh sumur milik warga Dusun III tak dapat lagi digunakan karena sudah tercemar dari limbah," tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Safitri mengatakan warga menunggu niat baik perusahaan untuk menutup aliran limbah tersebut.

"Kami sudah minta pihak perusahaan untuk menutup aliran limbah dalam waktu satu minggu, kalau tak ada tindak lanjut dari perusahaan kami warga yang akan menutupnya sendiri," ancamnya.

Sedangkan pihak dari perusahaan tidak ada yang bersedia menemui wartawan untuk dikonfirmasi terkait keluhan warga tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Tandem Hilir 1 Herianto yang dihubungi via telepon mengatakan pihaknya telah ikut dalam mediasi yang diadakan pihak Pemdes, warga dan pihak perusahaan.

"Saya lagi di Pemkab ada kegiatan, jadi yang hadir tadi dalam mediasi ada Sekdes, Ketua BPD, Kadus dan Bhabinkamtibmas. Dalam pertemuan tersebut, pihak perusahaan berjanji akan menutup aliran limbah tersebut dalam waktu seminggu. Jadi kita lihat aja nanti ya bang," ucapnya singkat.

(San)

Posting Komentar

0 Komentar