Presiden Joko Widodo Resmikan Jalan Tol Stabat-Binjai



Penulis: Angga Saputra

Medan, GarisPolisi.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, meresmikan ruas jalan tol Binjai-Langsa seksi 1 Binjai-Stabat sepanjang 11,8 km, Jumat(4/2/2022) siang. Jalan tol ini merupakan bagian dari tol Trans Sumatera menyambungkan dari Lampung ke Aceh.

Didampingi Menteri Pekerjaan umum perumahan rakyat (PUPR), Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menko kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Panjaitan, Jokowi langsung meninjau lokasi ruas jalan tol tersebut.

Pada sambutanya Presiden Republik Indonesia menyatakan dengan adanya jalan tol yang baru saja diresmikan diharapkan dapat memberi manfaat kepada masyarakat khususnya dalam mempercepat waktu tempuh perjalanan, serta dapat pula meminimalisir biaya transportasi.

Jokowi menjelaskan jalan nasional yang tersambung antarprovinsi akan menghubungkan sentra-sentra produksi daerah yang memiliki potensi besar. Hal itu akan membuka peluang usaha baru terutama yang berada di sekitar jalan tol.

Sedangkan tol seksi 2 Stabat-Tanjung Pura sepanjang 26,7 km, saat ini masih kontruksi. Penguasaan lahan 43,3%, kontruksi 50,3% diperkirakan siap operasi Februari 2023. Begitu juga untuk ruas tol seksi 3 Tanjung Pura-Pangkalan Brandan sepanjang 9 km, lahan 23,7%, kontruksi 9,4% diperkirakan siap operasi Februari 2023.

Ruas tol seksi 4 Pangkalan Brandan-Kuwala Simpang (Aceh) sepanjang 44,2 km, lahan 1,1%, kontruksi 0,0% dan diperkirakan operasi Februari 2024. Begitu juga ruas tol seksi 5 Kuwala Simpang- Langsa yang masih kontruksi dan diprogramkan operasi Februari 2024.

 

Posting Komentar

0 Komentar