Pelantikan Pengurus DPC Peradi Medan Periode 2024-2028 Berlangsung Sukses

MEDAN|GarisPolisi.com - Pelantikan Pengurus DPC Peradi Medan Periode 2024-2028 di Ballroom Lantai I, Hotel Santika Dyandra Convention Centre, Jalan Kapten Maulana Lubis yang dihadiri oleh Ketua Dewan Pimpinan Nasional Peradi, Dr Luhut M.P Pangaribuan, SH, LLM berlangsung dengan sukses Sabtu (3/2/2024).

Sebelum dimulainya pelantikan Pengurus DPC Peradi Medan Periode 2024-2028 itu terlebih dahulu dimulai dengan tarian melayu, makan sirih.


Pada kesempatan tersebut, Ketua umum Peradi RBA Luhut MP Pangaribuan mengucapkan selamat pada pengurusan baru. Dalam sambutannya Luhut MP Pangaribuan menegaskan, pihaknya harus perduli dengan situasi pada saat ini. 


"Salah satunya pada proses pemilu yang terjadi pada saat ini, sebagai persatuan advokat kita wajib memastikan hukum pada pesta demokrasi ini menjadi jujur, adil, bebas dan rahasi," ucapnya sembari berharap agar organisasi ini dapat berjalan dengan baik ke depannya.


Untuk itu, Luhut bilang persatuan advokat harus berada di posisi netral untuk melihat proses pemilu ini agar tidak dimobilisasi paslon tertentu. 


"Kalau ada persatuan advokat memilih paslon tertentu itu melanggar moral dan hukum," ucapnya.


Ketika Luhut menyerukan yeal yeal 'Peradi' dan tampak pengurus DPC Peradi Medan yang baru dilantik dengan semangat menyambut dan mengatakan 'Rumah Bersama Advokat'.


Sementara dalam sambutannya Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Medan, Dwi Ngai Sinaga SH MH mengucapkan terima kasih kepada Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi, Dr Luhut M.P Pangaribuan SH LLM yang telah hadir di acara pelantikannya.


Selain itu Ketua DPC Peradi Kota Medan, Dwi Ngai Sinaga juga mengatakan bahwa Peradi Rumah Bersama Advokat (RBA) Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) memberikan pelayanan maksimal untuk masyarakat. 


"Untuk itu, kita harus memiliki inovasi dan kreasi yang lebih baik lagi ke depan," ucap Ketua Peradi RBA Kota Medan, Dwi Ngai Sinaga, 


Dikesempatan itu Dwi juga menyebutkan, dalam melanjutkan tugas yang empat tahun tersebut harus dikerjakan secara maksimal sebagai wujud semangat untuk memajukan persatuan advokat ini. 


"Kami mengucapkan terima kasih kepada panitia yang berusaha untuk mensukseskan acara ini," ungkap Dwi Ngai Sinaga. 


Tak hanya itu Dwi Ngai juga menyatakan siap bersinergi dengan Forum Wartawan Hukum (Forwakum) Sumatera Utara (Sumut). 


"Terima kasih kepada kawan-kawan Forwakum yang selalu mensupport dari awal sebelum pelantikan. Kita Peradi Medan siap bersinergi kedepannya," kata Dwi Ngai Sinaga.


memaparkan 3 program Peradi Medan ke depan. Yang pertama, Dwi Ngai mengaku akan berbicara ke internal untuk membuat advokat-advokat yang memiliki integritas dan kemampuan tinggi dalam mengemban pekerjaan.


"Program kedua bagaimana kita memberikan edukasi dan pendampingan hukum kepada masyarakat luas dengan cara kita bentuk PBH (Pusat Bantuan Hukum) biar mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat. Ini sifatnya gratis dan sedang berjalan," ujarnya.


Dia mengaku sudah melatih PBH Peradi Medan. Ketiga, Dwi Ngai akan mencoba bersinergitas dengan aparat penegak hukum (APH) lain. Walau dirinya seorang advokat, Dwi Ngai akan bersikap preventif untuk menyikapi angka kriminalitas tinggi di Kota Medan.


"Kita kasih edukasi pencegahan tindak kriminal ke masyarakat. Tujuannya untuk menekan angka kriminal, contohnya begal. Kita beri sosialisasi, diskusi hukum dan lain-lain," jelasnya. 


Sementara itu, Bendahara DPC Peradi Medan Jimmy Albertinus SH MH menyebutkan setelah acara pelantikan hari ini, pihaknya akan rapat dengan anggota cabang.


"Kami akan kumpulkan semua anggota dan rapat anggota cabang (RAC). Karena program kerja dari semua bidang akan dibahas di RAC. Setelah rapat, baru dijalankan semua program," ujarnya. Peradi Medan akan membuat Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) setelah melakukan RAC.


Diketahui, Dwi Ngai Sinaga resmi dilantik sebagai Ketua DPC Peradi Kota Medan Periode 2024-2028. Adapun susunan pengurus DPC Peradi Medan Periode 2024-2028 yakni Ketua Dwi Ngai Sinaga SH MH, Sekretaris Gerald Partogi Siahaan SE SH MH MM dan Bendahara Jimmy Albertinus SH MH. 


Sementara itu, Ketua Forwakum Sumut Aris Rinaldi Nasution SH yang hadir dalam acara tersebut mengucapkan selamat dan sukses buat pengurus DPC Peradi Medan Periode 2024-2028. 


"Selamat dan sukses atas Pelantikan Pengurus DPC Peradi Medan. Semoga kedepannya, di bawah kepemimpinan Abangda Dwi Ngai Sinaga, DPC Peradi Medan dapat menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan profesional, untuk dapat membantu masyarakat dalam mencari keadilan," ucapnya sembari menegaskan Forwakum Sumut juga siap bersinergi dengan Peradi Medan.

(Zar) 

Posting Komentar

0 Komentar