Jurnalis dan Bawaslu Sibolga Bersinergi Sukseskan Pemilu 2024


Editor: Yasiduhu Mendrofa

SIBOLGA|GarisPolisi.com Bawaslu Kota Sibolga menggelar kegiatan Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan dengan tema "Media dan Pemilu 2024" pada hari Jumat (9/2/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh jurnalis dari berbagai media di Sibolga, Kepala Sekretariat dan Staf SDM Panwaslu Kecamatan dan PKD se-Kota Sibolga.

Ketua Bawaslu Sibolga, Salmon Tambunan, mengatakan bahwa media memiliki peran penting dalam menyukseskan Pemilu 2024. Media merupakan perpanjangan tangan Bawaslu dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang fungsi dan tugas Bawaslu, serta edukasi terkait tahapan-tahapan pemilu.

"Media salah satu penyambung informasi kepada masyarakat. Bawaslu sudah melakukan berbagai upaya pencegahan, seperti memberikan himbauan kepada partai politik agar menertibkan APK yang terpasang saat masa tenang," kata Salmon.

Salmon juga menambahkan bahwa Bawaslu Kota Sibolga telah merekrut 538 Petugas Pengawas TPS (PTPS) dan terdapat 68.464 pemilih di Kota Sibolga. Informasi ini penting untuk disampaikan kepada masyarakat melalui media.

Hendra Saputra, narasumber dalam kegiatan ini, menjelaskan peran serta jurnalis dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu. Hendra membahas sejumlah peran media dan fungsi kontrol pengawas di lapangan terkait kinerja para penyelenggara.

"Secara nasional, ada 8 isu krusial dalam Pemilu 2024 yang menjadi sorotan media, seperti proses pemilu, kualitas peserta pemilu, sistem pemilu, dan partisipasi pemilih," jelas Hendra.

Hendra juga menekankan pentingnya peran media dalam mengawasi transaksi biaya kampanye para peserta pemilu dan tingkat kerawanan di setiap daerah.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara Bawaslu dan jurnalis di Sibolga dalam menyukseskan Pemilu 2024.

Jurnalis dapat membantu Bawaslu dalam menyebarkan informasi yang benar dan edukasi kepada masyarakat, serta mengawasi jalannya pemilu dengan kritis dan objektif.

Narasumber juga membeberkan peranan media di setiap tahapan yang di selenggarakan oleh para penyelenggara Pemilu, termasuk penetapan DPT oleh KPU serta bagaimana informasi ini bisa keseluruhan diketahui masyarakat.

Posting Komentar

0 Komentar