Bawaslu Kota Binjai Gelar Rapat Koordinasi Dengan Stakeholder

BINJAI|GarisPolisi.com - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Binjai menggelar Rapat Koordinasi dengan stakeholder dengan tema pengembangan fungsi strategis kelembagaan Bawaslu pada penertiban APK di massa tenang serta pengawasan pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu tahun 2024 di Hotel Graha Kardopa Binjai, Senin (12/02/2024).

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kota Binjai Yusuf Habibi mengatakan perlunya kegiatan ini dilaksanakan agar kolaborasi antara pengawas, penyelagara dan stakeholder di kota Binjai berjalan lebih baik lagi. 

" Untuk menyuksesi pemilu 2024 kita perlu berperan bersama menciptakan pemilu yang lebih baik. Jangan membuat pemilu yang hanya lima tahun menjadi kita yang setiap hari bersama berlainan. Tunjukan kita sebagai pelopor yang benar," kata Habibie.

Sebagai Narasumber Komisioner KPU Provinsi Sumut Robby Effendi menyampaikan ada beberapa hal yang dianggap penting dan dilarang dalam pelaksanaan pemilu 2024, yaitu, kepada media dilarang menyampaikan berita yang berpihak kepada salah satu Paslon, dilarang menyebarluaskan hasil riset, dilarang mengajak golput, dilarang mengajak mencoblos dengan memberikan janji atau imbalan. 

Selain itu, Robby juga mencontohkan jika ada saksi dari salah satu parpol datang ke TPS dengan membawa mandat dengan partai yang sama 

"Satu dari provinsi, satu dari kabupaten/kota. Maka, yang bisa diterima hanya mandat dari provinsi," kata Robby. 

Robby juga berharap, selaku Komisioner KPU Provinsi Sumut menilai bahwa kolaborasi antara penyelengara, pengawas dan pemerintah kota Binjai serta pihak aparatnya sudah bekerja baik

"Saya lihat Binjai siap menyelenggarakan pemilu dengan damai," ungkap Robby.

Sempat berlangsung diskusi tanya jawab yang antara narasumber dengan peserta yang hadir dari Camat dan Lurah se-Kota Binjai. Dalam hal ini soal APK yang sudah 100 persen telah diturunkan serta dua TPS yang rawan di Kelurahan Berngam Kecamatan Binjai Kota. 

Hadir dalam acara, Ketua KPU Binjai Anton Indratno, Kesbang Pol Pemko Binjai Ruslianto, Asisten I Pemko Binjai Aldi, Kabag Ops Polres Binjai, Ketua PWI Binjai Arma Delisa Budi, Perwakilan Kejari Binjai, serta Kepala Kemenag Kota Binjai.

(Ngga)

Posting Komentar

0 Komentar