Tiga Komplotan Spesialis Ganjal Kartu ATM di Medan dan Binjai Diringkus Polisi

Ketiga komplotaan kejahatan pengganjal kartu ATM yang berhasil diringkus Polisi.

MEDAN|GarisPolisi.com - Tim Jatanras Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut berhasil meringkus tiga komplotan spesialis pelaku kejahatan pencurian dengan modus mengganjal kartu ATM di wilayah kota Medan dan Binjai. Ketiga tersangka yang ditangkap masing-masing berinisial IS alias Wak Lobe, RS alias Bang Begal, dan SS.

Dalam pengungkapan kasus mengganjal ATM langsung di pimpin Kasubdit III Jatanras Dit Reskrimum Polda Sumut, Kompol Bayu Putra Samara dan berhasil meringkus tiga orang tersangka yang merupakan komplotan sindikat tersebut.

Direktur Reskrimum Polda Sumut Kombes Pol Sumaryono melalui Kabid Humas Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, pengungkapan kasus kejahatan dengan modus mengganjal ATM itu atas laporan dari tiga korban.

"Modusnya para pelaku mengganjal lubang kartu pada mesin ATM dengan menggunakan tusuk gigi," sebut Hadi, Senin (22/1/2024).

Dari hasil penyelidikan, diketahui ketiga tersangka telah beraksi puluhan kali di wilayah Medan dan Binjai. Dalam aksinya, para tersangka kerap mengincar ATM yang sepi dan berada di tempat yang gelap.

Saat korban memasukkan kartu ATM, para tersangka akan langsung menempelkan tusuk gigi pada lubang kartu. Tusuk gigi tersebut akan membuat kartu ATM korban tersangkut dan tidak bisa dikeluarkan.

Setelah itu, para tersangka akan mengambil kartu ATM korban dan memalsukan PIN-nya. Uang korban kemudian ditarik oleh para tersangka melalui ATM.

Dari tangan para tersangka, polisi menyita barang bukti berupa 64 kartu ATM milik korban, tiga unit sepeda motor, dan sejumlah alat bukti lainnya.

Menurut Hadi, hingga saat ini, polisi masih melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut untuk mencari kemungkinan adanya pelaku lain.

(Red)

Posting Komentar

0 Komentar