PJ Bupati Tapteng Serahkan Bantuan dan Apresiasi Kepada Petugas Kebersihan

Penjabat (PJ) Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Sugeng Riyanta, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Erniwati Batubara, dan jajaran, saat menyerahkan bantuan kepada ratusan petugas kebersihan.

Penulis: Yasiduhu Mendrofa

TAPTENG|GarisPolisi.com - Penjabat (PJ) Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Sugeng Riyanta, menyerahkan bantuan dan apresiasi kepada petugas kebersihan Tenaga Harian Lepas (THL) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tapanuli Tengah, Selasa (16/01/2024).

Penyerahan bantuan dan apresiasi tersebut dilakukan di Gedung Serba Guna, Pandan. 

Bantuan yang diberikan kepada Petugas Kebersihan THL berupa 15 jenis aksesoris dan alat kebersihan, yang bersumber dari Dana Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) Sumut tahun anggaran 2023.

Dalam kesempatan itu, PJ Bupati Sugeng Riyanta menyebut petugas kebersihan sebagai pahlawan kebersihan ahli shodaqoh jariyah. 

Ia mengatakan, petugas kebersihan merupakan pahlawan yang tidak terlihat. Mereka bekerja keras setiap hari untuk menjaga kebersihan lingkungan.

"Pekerjaan bapak dan ibu merupakan ladang ibadah, karena pagi-pagi Bapak dan Ibu sudah menyapu jalan. Dalam sebuah hadis, kegiatan pekerjaan bapak dan ibu jadi shodaqoh amal jariyah," ujar Sugeng Riyanta.

Petugas kebersihan yang setiap harinya membersihkan jalan, menyingkirkan kotoran, pecahan kaca, botol duri dan lainnya dengan maksud agar tidak menyakiti dan mengganggu orang lain.

" Coba, bapak dan Ibu setiap hari menyingkirkan kotoran, pecahan botol, pecahan kaca, duri dan lainnya, kalau Bapak dan Ibu tidak menyingkirkan, itu bisa-bisa ada orang yang dirugikan terganggu bisa-bisa mencelakakan orang lain di situlah  menjadi ladang ibadah bagi bapak dan Ibu,”ucap Pj Bupati.

Sugeng Riyanta juga menyampaikan apresiasi kepada petugas kebersihan yang telah bekerja keras menjaga kebersihan lingkungan. 

Ia juga berjanji akan berusaha menaikkan honor petugas kebersihan dan memberikan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh petugas kebersihan. 

Kepala DLH Kabupaten Tapanuli Tengah, Erniwati Batubara, menjelaskan, dari sebanyak 258 petugas kebersihan tersebut terdiri dari 174 THL penyapu jalan, 30 orang pengangkut, 12 orang supir, 11 orang honorer, dan 10 orang pengawas lapangan.

“Untuk besaran honor Sopir truk sebesar Rp.1.750.000, pengangkut Rp 1.600.000 dan THL Rp 1.500.000. Untuk BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan itu sudah semua mendapat dan bagi yang belum dapat akan segera dilakukan kepengurusan sebagaimana instruksi yang disampaikan Bapak PJ Bupati,” jelas Erniwati Batubara.

Penyerahan bantuan dan apresiasi tersebut disambut baik oleh para petugas kebersihan. Mereka mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah atas bantuan dan apresiasi yang diberikan.



Posting Komentar

0 Komentar