Pemkab Langkat Teken Pakta Integritas di Lingkungan Pemkab Langkat

LANGKAT|GarisPolisi.com - Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH menghadiri penandatanganan perjanjian kinerja dan pakta integritas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat Tahun Anggaran 2024 di ruang pola Kantor Bupati Langkat, Selasa (16/01/2024). 

Penandatanganan perjanjian kinerja dan pakta integritas dilaksanakan berdasarkan Perpres Nomor 29 tahun 2014 tentang sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

Selain itu, kegiatan ini juga berdasarkan Permen PANRB Nomor 53 tahun 2024 tentang petunjuk teknis perjanjian kinerja pelaporan kinerja dan tata cara review atas laporan kinerja instansi pemerintah, dan Permen Nomor 49 tahun 2011 tentang pedoman umum pakta integritas di lingkungan kementerian dan pemerintah daerah.

Kegiatan penandatanganan perjanjian kinerja dan pakta integritas tahun 2024 dilaporkan oleh Sekretaris Daerah kabupaten Langkat H Amril Nasution S Sos MAp.

Sekdakab Langkat mengatakan penandatanganan perjanjian kinerja dan pakta integritas diikuti tiga staf ahli, tiga asisten, inspektur, 31 kepala dinas/kantor/badan/direktur rumah sakit, 23 Camat dan 9 Kabag Sekretariat Daerah.

"Diharapkan dapat menjadi bentuk komitmen agar meningkatkan akuntabilitas, transparansi dan kinerja aparatur dan juga menciptakan tolak ukur kinerja sebagai dasar evaluasi kinerja aparatur, dasar penilaian keberhasilan/kegagalan pencapaian tujuan, dasar untuk evaluasi atas perkembangan kinerja dan dasar penetapan sasaran kinerja pegawai," ucap Amril.

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH menyampaikan Kegiatan penandatanganan perjanjian kinerja dan Pakta Integritas ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan. 

"Ini menjadi suatu kewajiban yang diperintahkan oleh Menpan dan Kemendagri yang bertujuan agar ada rambu-rambu dalam menjalankan pemerintahan. Penilaian terkait kinerja kita terkadang rendah, itu karena ketidakmampuan kita dalam menjalankan program yang kita buat dan saya harapkan program yang telah kita susun harus kita laksanakan," kata Plt Bupati Langkat.

Syah Afandin juga mengajak untuk seluruhnya introspeksi diri dalam menjalankan roda pemerintahan. 

"Saya harap kegiatan ini menjadi pemicu dalam mencapai target dan saya ucapkan terima kasih banyak untuk semua yang berhadir, harapan saya ini tidak sekedar seremonial tetapi lebih ke tanggung jawab kita dan komitmen kepada diri sendiri," lanjutnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Pakta Integritas dengan disaksikan oleh Plt Bupati Langkat.

(Ngga)

Posting Komentar

0 Komentar