Omzet Bazar UMKM Hut Sergai Ke-20 Capai Rp 500 Juta Lebih, Bupati: Bazar UMKM Jadi Momentum Membangkitkan UMKM Sergai

Ratusan pelaku UMKM Sergai antusias ikuti Bazar UMKM dalam rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Sergai ke- 20 tahun 2024.

SERGAI|GarisPolisi.com - Omzet pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bazar UMKM hari jadi atau hari ulang tahun (Hut) ke-20 Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tahun 2024 yang dipusatkan di Alun-alun Sergai di Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah selama 4 hari mencapai Rp 502.539.500,-.

Ketua Seksi Bazar UMKM Hut ke 20 Sergai H.Ikhsan yang juga Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro (Kadis NakerkopUM) Sergai kepada GarisPolisi.com Senin (8/1/2023) menuturkan kegiatan Bazar UMKM dalam rangka Hut ke-20 Kab. Sergai tahun 2024 yang berlangsung dari tanggal 3 dan 7 Januari terdata 112 Pelaku UMKM dan 52 pedagang dadakan dengan total 164 pelaku usaha (pedagang). 

"Dari pedagang sate, misop, rujak, cemilan lainnya hingga permainan anak-anak, lokasi bazar UKM disediakan gratis oleh Panitia," ujar H.Ikhsan.

Sebelumnya Herman warga Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah salah seorang pedagang sate mengaku selama berjualan di stan bazar UMKM hari jadi Sergai di Alun-alun omzetnya meningkat drastis, sehingga pendapatannya meningkat.

"Jika bisa berharap ke Pemkab Sergai, sering-sering ada kegiatan di Alun-alun ini agar kami pedagang kecil bisa sering berjualan juga di sini sehingga perekonomian kami dapat terdongkrak,"harap Herman.

Terpisah, Bupati Sergai Darma Wijaya menyatakan bahwa semarak gebyar hari jadi ke 20 Kab.Sergai salah satu kegiatannya difokuskan terhadap pemberdayaan pelaku UMKM.

"Kita sadari akhir-akhir ini daya beli masyarakat cenderung sedikit menurun, dengan digelarnya semarak gebyar hari jadi Kab.Sergai yang dipusatkan di Alun-alun Sergai untuk yang pertama kali dengan menyediakan lapak gratis untuk pelaku UMKM tentunya akan meningkatkan daya beli sekaligus mendongkrak pendapatan seluruh pelaku usaha (pedagang) yang berjualan di Alun-alun," papar Darma Wijaya.

Dengan even hari jadi ke 20 Kab.Sergai tahun 2024 ini lanjut Bupati Sergai, rangkaian kegiatan meliputi diantaranya seperti turnamen olahraga, pentas seni yang mengundang hadirnya ribuan masyarakat setiap harinya, dari setiap kecamatan dengan menyiapkan stand pelaku UMKM untuk berjualan.

Dengan langkah ini lanjut Bupati, tentunya Pemkab Sergai berharap meningkatkan kembali daya beli masyarakat, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Dengan kegiatan ini tentunya hari jadi ke 20, Kab.Sergai yang jatuh pada 7 Januari 2024 ini benar-benar bermanfaat khususnya dalam rangka menggairahkan UMKM di Sergai," tandas Darma Wijaya.

(Zulpan)

Posting Komentar

0 Komentar