Lomba Memancing Meriahkan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai

Bupati Sergai H Darma Wijaya saat menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba memancing HUT Sergai ke- 20.

SERGAI|GarisPolisi.com - Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) merayakan hari jadinya yang ke-20 pada tanggal 7 Januari 2024. Perayaan hari jadi ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, salah satunya adalah lomba memancing ikan yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Sergai.

Lomba memancing ini diikuti oleh seratusan peserta dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat umum, pemancing profesional, hingga pejabat pemerintah. Lomba berlangsung di BPAT Belidaan Desa Cempedak Lobang, Kecamatan Sei Rampah, pada hari Jumat (5/1/2024).

Pemenang lomba memancing ikan ini dinilai dengan dua kategori, yakni berdasarkan jumlah ikan terberat dan jumlah ikan terbanyak yang didapatkan oleh peserta. 

Dalam sambutannya, Bupati Sergai Darma Wijaya menyampaikan bahwa  pada 7 januari 2004, atau 20 tahunlalu Kabupaten Sergai lahir  dari semangat otonomi daerah dan semangat untuk mempercepat pemerataan pembangunan. 

Di usia 20 tahun, Kabupaten Sergai masih layaknya remaja yang sedang berkembang dan berbenah diri, dan di usia 20 tahun bagi seorang pemuda, tentulah usia puncak dalam menentukan arah dan tujuan menggapai cita-citanya sesuai dengan potensi dan keinginannya dengan beragam perencanaan.

"Kami bersama Wakil Bupati akan terus berupaya mewujudkan pembangunan di Kabupaten Sergai dengan visi maju terus, mandiri sejahtera religius," kata Bupati Darma Wijaya.

" Kami juga akan mengupayakan mewujudkan semangat cita-cita  pemekaran kabupaten, dengan pemerataan pembangunan salah satunya adalah di sektor perikanan," lanjut Bupati.

Bupati Sergai H Darma Wijaya bersama para peserta lomba memancing HUT Sergai ke- 20.

Bupati Darma Wijaya juga menyampaikan bahwa lomba memancing merupakan salah satu upaya keberlanjutan pengelolaan sumber daya perikanan di Sergai. Ia mengapresiasi para pemancing yang telah berperan dalam menjaga kelestarian sumber daya alam di lingkungan perairan.

"Para pemancing adalah pahlawan dalam menjaga sumber daya alam di lingkungan perairan. Praktik menangkap ikan dengan cara merusak lingkungan, seperti menggunakan setrum, maupun racun, bisa mengancam keberadaan ikan-ikan lokal di perairan kita," kata Bupati Darma Wijaya.

Sementara para pemancing merupakan orang yang sabar dan tidak serakah seperti halnya para perusak lingkungan tersebut.

 " Pemancing itu sabar, tapi bukan berarti hanya pasrah menunggu rezeki atau keberuntungan, tetapi sabar yang penuh dengan perhitungan dan strategi, oleh karenanya lomba memancing ini dilaksanakan dalam rangka Semarak Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai," terangnya.

Ia berharap, kegiatan lomba memancing ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian sumber daya perikanan.

" Dengan semangat Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai ini, mari kita bersama mendukung Sergai yang Mandiri, Sejahtera dan Religius dengan pertanian dan perikanan yang berkelanjutan, melalui kegiatan memancing yang positif ini diharapkan pelestarian alam dan lingkungan semakin membudaya di masyarakat,” pungkas Bupati Darma Wijaya.

Turut hadir dalam perlombaan memancing ini, Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta, Ketua PA Sei Rampah Syarifuddin, SHI, MH, mewakili Dandim 0204/DS, Para Asisten, Kepala OPD, Camat, Kades, serta para peserta dan undangan.

(Zulpan)

Posting Komentar

0 Komentar