KPK-Nusantara Soroti Pembangunan Dermaga PP Cituis yang Diduga Tidak Transparan dan Tidak Sesuai Spesifikasi

Pekerjaan proyek pembangunan dermaga  dermaga di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cituis, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten,

Penulis : Endang Supriatna/ Tim

TANGERANG|Garispolisi.com - Proyek pembangunan dermaga di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cituis, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten, disorot oleh Lembaga Komunitas Pemantau Korupsi - Nusantara (KPK-N). Pasalnya, pembangunan tersebut diduga tidak transparan dan tidak sesuai spesifikasi.

Aminudin, Ketua KPK-N Perwakilan Banten, mengatakan bahwa pihaknya melihat beberapa titik kegiatan di lokasi TPI Cituis yang masih dalam pengerjaan, padahal sudah masuk tahun anggaran 2024. Salah satunya adalah pembangunan dermaga yang masih dalam tahap betonisasi.

"Kami melihat bahwa tidak ada papan informasi proyek (PIP) di lokasi tersebut. Selain itu, para pekerja juga tidak melengkapi alat keselamatan kerja (K3). Ketika kami menanyakan siapa pelaksananya, para pekerja tidak menjawabnya," kata Aminudin, Minggu (7/1/2024).

Aminudin juga melihat bahwa pembangunan gedung tempat kerja di lokasi tersebut diduga belum terselesaikan. Masih ada material yang belum terpasang, seperti paving block.

"Kami mempertanyakan hal ini. Kalau memang kegiatan ini punya satuan kerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten, kenapa tidak ada PIP di lokasi tersebut? Dan kenapa pekerjaan tersebut masih dalam pelaksanaan padahal sudah masuk tahun anggaran 2024?" tanyanya.

Aminudin menduga bahwa adanya ketidaktransparansi dalam pembangunan dermaga tersebut. Ia juga menduga bahwa pengawasan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten lemah.

"Kami juga melihat bahwa fisik pekerjaan proyek pembangunan breakwater (pemecah gelombang) senilai Rp 3,79 miliar dari Danan Alokasi Khusus (DAK) Kementerian dan Kelautan dan Perikanan di lokasi tersebut diduga kurang maksimal. Susunan batunya diduga tidak sesuai spesifikasi teknis," ungkapnya.

Aminudin mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan aksi unjuk rasa di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten pada Kamis (11/1/2024). Hal ini dilakukan karena surat yang mereka kirimkan ke dinas tersebut tidak mendapat tanggapan.

Berdasarkan pantauan di lokasi TPI Cituis pada Jumat (5/1/2024), masih ada kegiatan pekerjaan konstruksi, yaitu betonisasi dermaga.

Posting Komentar

0 Komentar