SMAN 2 Kalianda Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Sekaligus Peringati Hari Batik Nasional

LAMSEL, GARISPOLISI.com - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari Kesaktian  Pancasila dengan tema, 'Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju' dan sekaligus memperingati Hari Batik Nasional 2023, pada Senin 2 Oktober 2023, dilapangan sekolah setempat, dengan hikmat dan kebanggaan serta penuh makna. 

Upacara tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala SMAN 2 Kalianda Herwansyah S.Pd, dan dihadiri para dewan guru, staff dan seluruh peserta didik, yang mengenakan beragam motif batik dengan warna yang mempesona, sebagai bentuk apresiasi terhadap kekayaan seni dan budaya Indonesia. 

Kepala SMA Negeri 2 Kalianda Herwansyah S.Pd, dalam sambutannya menyampaikan, hari Kesaktian Pancasila bukanlah semata-mata sebuah peringatan sejarah, tetapi juga pengingat tentang pentingnya mempertahankan nilai-nilai Pancasila di tengah perubahan zaman yang dinamism

"Pancasila mendorong kita untuk menghargai keragaman, berdialog dalam semangat kebersamaan, dan menjunjung tinggi keadilan sosial. Selain memperingati hari kesaktian Pancasila pada 1 Oktober kemarin, hari ini Senin, 2 Oktober 2023 yang merupakan hari batik nasional, kita juga memperingati, karena batik merupakan warisan budaya lisan dan nonbendawi, salah satu warisan tanah air dan simbol kekayaan budaya yang sangat dibanggakan oleh masyarakat Indonesia," paparnya. 

Kepsek SMA Negeri 2 Kalianda  Herwansyah berharap bahwa di momen peringatan Hari Batik Nasional hari ini tidak hanya menjadi acara seremonial belaka, tetapi harus menjadi momen refleksi dan komitmen untuk terus melestarikan dan mengenalkan keindahan serta makna batik kepada generasi muda kedepannya.

Dari pantauan awak media www.garispolis.com, selain siswa-siswi yang semuanya mengenakan busana batik dengan beragam motif dan warna yang mempesona, mereka juga menggelar perlombaan foto kelas bersama wali kelas, dengan mengenakan batik terbaik mereka. 

" Ternyata kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga peluang untuk mengedukasi siswa tentang sejarah dan pentingnya batik dalam warisan Budaya Indonesia," tutup Herwansyah.

(Irwan)

Posting Komentar

0 Komentar