Petugas Damkar T.Tinggi Bantu Melepas Cincin di Jari Membengkak

TEBINGTINGGI, GarisPolisi.com -:Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Tebing Tinggi -Sumut  berhasil melepaskan 4 buah cincin dari 5 buah yang tersangkut pada jari seorang gelandangan diduga kuat sebagai  penyandang depresi berat (Psychotic Depression.red ) asal  Kota Medan, Minggu (22/10/2023 ).

Sebelumnya pria yang mengaku bernama Jaka (49) dan mengaku sebagai  warga Jalan Sakti Lubis Medan  di temukan  Wawan dan teman temannya duduk di depan sebuah mini market di kawasan Jalan Sutoyo Kota Tebing Tinggi 

" Sepertinya pria setengah baya yang ada dihadapan kami sedang kesakitan, setelah dilakukan dialog singkat. Pria gelandangan tersebut menyampaikan  keluhan pada kedua tangannya  akibat enam  jarinya membengkak karena cincin yang dipakainya sudah menyempit," ujar Wawan yang dikenal sebagai seorang  aktifis di Yayasan Yatim dan Duafa Kota Tebing Tinggi.

Cincin yang di kenakan pria setengah baya yang di duga penyandang depresi berat ini di dapati ada dua cincin di tangan kanan   masing masing jari kelingking, dan jari tengah, cincin berbatu akik  dan di tangan kiri masing di jari kelingking, jari  manis dan jari telunjuk  terbuat dari lingkaran kawat  ke lima jarinya sudah membengkak dan luka.

Wawan bersama temannya berinisiatif untuk membantu melepaskan cincin tersebut, untuk mengurangi penderitaan pria setengah baya ini,   karena kondisi jari  sudah membengkak, perlu penangan khusus terpaksa mereka menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tebing Tinggi di kawasan Jalan Gunung Agung Kelurahan Tanjung Marulak Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi untuk meminta bantuan.

Wawan bersama rekan Komunitas Yayasan Yatim dan Duafa  selanjutnya meminta tolong petugas Damkar. 

Setelah mendapat informasi tersebut, para petugas kemudian melepas cincin dari jari Jaka.  Setelah hampir satu jam, empat buah  dari lima buah  cincin  cincin dapat dilepas tanpa hambatan yang berarti, namun 2 buah cincin lainnya  yang kemungkinan berupa lingkaran kawat sudah terbenam kedalam lapisan kulit  akibat pembengkakan yang cukup lama dan untuk penanggulangan lanjutan memerlukan tindakan medis.

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih dan  kepada petugas Damkar yang sudah melepaskan cincin di jari  pria tua yang kami bawa, dan jarinya juga telah diobati karena sudah  terluka akibat pembengkakan yang sudah cukup lama," ucap Wawan kepada awak media.

Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan  Dinas Damkar Kota Tebing Tinggi, Hersan Koto, yang dihubungi via seluler membenarkan telah melakukan tindakan penyelamatan dan berhasil melepaskan cincin dari jari yang membengkak dari seorang pria setengah baya, dan Hersan Koto juga  menegaskan selain memadamkan api pada musibah kebakaran, pihaknya juga siap membantu warga yang membutuhkan pertolongan. Termasuk melepas cincin di jari yang telah membengkak seperti yang dilakukan Tim Rescue Regu A tersebut.

 "Saya harap semua warga yang membutuhkan bantuan kami agar tidak perlu takut-takut untuk menghubungi petugas. Kami selalu siap untuk melakukan pertolongan, bukan saja memadamkan api, tugas kami juga meliputi penyelamatan dan penanggulangan hewan berbisa, " ujar Hersan Koto mengakhiri percakapan.

 (Met).

Posting Komentar

0 Komentar