Perjuangkan Petani di Tengah Air Payau, Aribun Sayunis Minta Pintu Air Bendungan Gerak Jabung Terus Dibuka

LAMSEL|GarisPolisi.com -Tokoh masyarakat Kecamatan Palas H. Aribun Sayunis, S,Sos. MM. gelar sosialisasi ketahanan pangan di Balai Desa Bumi Restu Kecamatan Palas, Lampung Selatan, Selasa (17/10/2023).

Dalam kesempatan itu Aribun Sayunis meminta pintu air dari Bendungan Gerak Jabung di Lampung Timur terus dibuka untuk irigasi bagi petani yang ada di Kecamatan Palas dan Sragi.

Dia mengatakan, pembukaan pintu air ini bertujuan untuk mendorong air payau yang asin dari Sungai Sekampung. Sehingga air sungai bisa dimanfaatkan petani untuk menyiram tanaman padi petani.

"Air sungai sudah asin. Tapi dengan dibukanya pintu air bendungan. Air asin akan terdorong sehingga air Sungai Sekampung bisa disedot ke sawah," sambungnya.

H. Aribun Sayunis, S,Sos MM mengungkapkan, upaya membuka pintu air ini dilakukan agar petani dari Kecamatan Palas dan Sragi mendapat pasokan air tawar dari Sungai Sekampung.

“ Kami sudah ke Bendungan Gerak Jabung  g yang ada di Lampung Timur, untuk meminta pintu air disana dibuka, agar irigasi yang ada di Kecamatan Palas dan Sragi yang tadinya air asin bisa menjadi air tawar kembali,” ungkap H. Aribun Sayunis yang juga Ketua Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK) DPC PDI Perjuangan Lampung Selatan.

Dirinya juga mengungkapkan pembukaan pintu air dari  Bendungan Gerak Jabung  di Lampung Timur,  harus dikawal terus sampai petani panen.

“Kalau bisa selamanya kita kawal bendungan ini, sampai petani Palas dan Sragi panen,” ucapnya.

H. Aribun juga mengajak masyarakat Desa Bumi Restu untuk melihat langsung Bendungan Gerak Jabung, agar mengetahui tempat bendungan tersebut dan memastikan pintu air tetap terbuka.

“Nanti kita agendakan, saya minta untuk perwakilan masyarakat Bumi Restu nanti bersama saya kita tinjau Bendungan Gerak  Jabung,” pungkasnya.

Dalam kegiatan itu turut hadir Kepala Desa Bumi Restu, Sukiman, jajaran aparatur desa dan masyarakat Desa Bumi Restu.

(Irwan).

Posting Komentar

0 Komentar