Peringati Hari Gernas Baku, Relawan PBI Sambangi TK Dewi Kartini Way Apus Bakauheni

Lamsel|GarisPolisi.com - Cahaya mutiara yang hilang dengan meninggalkan bekas di belahan penjuru nusantara, menempel dan membekas di benak hati para relawan Relawan Pustaka Bergerak  indonesia (PBI) ditularkan untuk membangun dan menyebarkan pengetahuan untuk anak anak Indonesia Jum'at (13/10/2023). 

Nirwan Ahmad Arsuka (Alm). adalah salah salah satu pencetus dan pendiri PBI bertujuan menyebarkan ilmu pengetahuan  tanpa batas melalui buku, membentangkan sayap jejaring di seluruh Indonesia.

Dengan karya tulis, buku hasil karya karyanya sampai dikenal ke penjuru pelosok tanah air indonesia bahkan hingga ke mancanegara, 

Dalam memperingati acara Hari Gernas Baku, para relawan PBI siap melanjutkan perjuangan sang pencetus PBI Nirwan Ahmad Arsuka.


Menurut salah satu relawan PBI Ardiyanto melanjutkan perjuangan tersebut dengan  memenuhi undangan untuk mengisi acara di TK Dewi Kartini Way Apus Bakauheni, Lampung Selatan.

" Tentang minimnya minat baca di Indonesia rendah, sepertinya bukan minat baca yang rendah namun pasokan bukunya yang tak sampai ke tangan anak anak," ucapnya.

Ardiyanto melanjutkan setelah di suguhkan  beberapa buku komik bacaan ringan dan bergambar, anak anak yang ada di TK Dewi Kartini sangat senang dan sampai berebut karena takut tak kebagian buku, hingga belajar membaca buku secara bergantian.

Selain dari pada itu di acara Gernas Baku ini Kepala Sekolah TK Dewi Kartini Linda Angraeni mengatakan selain membaca buku peringatan Hari Gernas Baku juga diisi dengan kegiatan berpelukan antara ibu dan anak selama 30 detik.

" Hal ini supaya meningkatkan kedekatan antara orang tua dan anak, karena kadang orang tua jarang atau luput dalam hal ini karena kesibukan dalam aktivitas sehari-hari,"  jelasnya.

Selanjutnya Bunda Literasi Kecamatan Bakauheni Masherna Furkonnudin mengatakan dengan kegiatan Gernas Baku kali ini juga diisi dengan kegiatan minum vitamin dan obat cacing kepda anak, dilanjutkan cerita mendongeng orang tua kepada anak anaknya.

" Mungkin saat ini jarang dilakukan kepada anak, mudah mudahan dengan adanya kegiatan positif seperti ini, interaksi orangtua dengan anak dapat  lebih baik lagi," jelasnya.

Ditambahkan bunda PAUD Desa Bakauheni bunda Watini Sukirno ada sekitar 45 anak yang ikut pada acara Gernas Baku kali ini.

" Kegiatan juga di isi dengan  pengenalan terhadap lingkungan di sekitarnya, seperti memperkenalkan hewan hewan yang di sekeliling kita, seperti kambing, sapi, ayam, kodok, kelinci, dan ikan ikan cumi, yang ada di sekitar laut, " tuturnya.

Acara berjalan lancar tanpa ada halangan suatu apapun.

(Irwan)

Posting Komentar

0 Komentar