Bakauheni Fair 2023 Resmi Dibuka Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto



LAMSEL| GarisPolisi.com - Bakauheni Fair 2023 resmi dibuka oleh Bupati Lampung Selatan H Nanang Ermanto, kegiatan yang mengusung tema “UMKM Berevolusi (Berkreasi, Berinovasi dan Bertransformasi)” dipusatkan di Lapangan LMA Bola Voli, Dusun Umbul Jering Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (18/10/2023).

Bakauheni Fair 2023 turut dimeriahkan dengan beragam pertunjukan seni, adat dan budaya Lampung, yang memukau, seperti tarian tradisional, musik lokal, dan parade adat dan budaya.

Hadir dalam acara itu, Anggota DPRD dari Dapil Lampung Selatan 3, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan, Sekretaris Daerah beserta para pejabat utama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Camat beserta Forkopicam Bakauheni dan Ormas LAPBAS,

Hadir juga Kacab ASDP Bakauheni yang mewakili, para Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Karang Taruna  Desa Bakauheni, Pimpinan BUMN-BUMD, PSHT TTKKDH, para pelaku UMKM, serta para Kepala Desa se-Kecamatan Bakauheni.

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto sangat mengapresiasi kegiatan Bakauheni Fair 2023 yang kental dengan keberagaman adat dan budaya.

Nanang mengatakan, Kecamatan Bakauheni merupakan salah satu daerah yang sangat luar biasa, memiliki destinasi wisata Pantai Minang Rua juara dua World International  2023, kental dengan khas buah alpukat sipit kelawi.

“Bentuk kebersamaan dan gotong royong itulah yang akan meningkatkan kekuatan kita untuk membangun suatu desa. Itu (persatuan dan kesatuan) modal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tanpa itu, negara ini tidak akan terbentuk,” kata Nanang.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, kegiatan Bakauheni Fair juga diharapkan menjadi ajang promosi produk unggulan dari seluruh pelaku UMKM dan IKM di Kecamatan Bakauheni.

Untuk itu, Nanang berharap, UMKM yang ada di Kecamatan Bakauheni dapat terus bergerak, agar terjadi perputaran ekonomi, sehingga dapat membantu menyejahterakan masyarakat.

“Mudah-mudahan setelah Bakauheni Fair  2023, di Lapangan LMA Volly Umbul Jering Desa Bakauheni ini terus bergerak. Apa yang ada di desa-desa di Kecamatan terus digali. Itulah tugas dari pemerintah kab lamsel dan pengurus UMKM Kecamatan Bakauheni ini,” kata Nanang.

Sementara, Camat Bakauheni Furkonnudin  menyampaikan, Bakauheni Fair 2023 ini merupakan kegiatan pesta rakyat yang masuk dalam calender of event Kabupaten Lampung Selatan.

Furkonnudin menuturkan, di selenggarakan kegiatan Bakauheni Fair 2023 bertujuan untuk menggerakkan dan menggairahkan kembali pelaku UMKM dan IKM sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan potensi wisata yang ada dj Kecamatan Bakauheni, sekaligus sebagai ajang promosi kearifan lokal dan sebagai ajang silaturahmi bertukar informasi para pelaku UMKM,” jelasnya

Pada kesempatan itu, Kades Bakauheni Sukirno juga mengajak, seluruh elemen masyarakat Kecamatan Bakauheni untuk tetap menjaga silaturahmi dan harmonisasi sehingga tercipta suatu komitmen bersama ditengah keberagaman.

“Mengutip kuat kata-kata dari pak bupati, bahwa keadilan dan kesejahteraan tidak akan pernah tercapai tanpa persatuan, kebersamaan dan gotong royong. Maka dengan ini saya mengajak kita semua untuk bersama-sama menjaga komitmen,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Bakauheni Fair 2023, Sukirno mengatakan, kegiatan Bakauheni Fair akan berlangsung dari tanggal 18 sampai tanggal 21 Oktober 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Desa Bakauheni seperti Krakatau Park, Menara Siger Masjid BSI, yang ada di Desa l Bakauheni Kecamatan Bakauheni.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan UMKM, yang ada di desa-desa di Kecamatan Bakauheni. Selain itu juga untuk mengenalkan berbagai budaya dan seni yang ada di wilayah Kecamatan Bakauheni,” tutupnya

(Irwan)

Posting Komentar

0 Komentar