Penggerakan dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan KekerasanTerhadap Perempuan dan TPPO


MEDAN, GARISPOLISI.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APM dan P2KB) Kota Medan melaksanakan kegiatan Penggerakan dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan dan Tindak Pidana  Perdagangan Orang (TPPO) pada Selasa (19/9) bertempat di Aula DP3APM dan P2KB Kota Medan jalan A.H. Nasution no 17 Medan.

Acara tersebut dimulai pada pukul 09.30 WIB, dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya bagi seluruh peserta yang hadir. Kemudian berlanjut dengan pembacaan do'a.

Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan sekaligus pembukaan kegiatan oleh Kepala Dinas P3APM dan P2KB Kota Medan Dra. Edliyati MAP yang diwakili Kabid PHA,PP dan PKA, Nimelda Oktavina Purba.

Dalam sambutan tertulisnya Edliyati mengatakan, kekerasan terhadap perempuan dan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dipahami sebagai pelanggaran hak asasi manusia dan suatu bentuk diskriminasi terhadap perempuan yang berarti semua tindakan kekerasan berbasis gender yang mengakibatkan atau mungkin berakibat kerugian fisik, seksual, psikologis atau ekonomi atau penderitaan terhadap perempuan sehingga membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak dalam upaya pencegahannya.

" Untuk meminimalisir tindak kekerasan terhadap perempuan dan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) perlu dilaksanakan kegiatan-kegiatan penggerakan dan pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan seperti saat ini dilakukan, " ucap Edliaty.

Kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi oleh dua narasumber, yakni, 

Bambang F Wibowo, Pembina Yayasan Fajar Indonesia (Yafsi) serta Syamsul S.Sos, Ketua Satgas PPA Kota Medan.

Selesai penyampaian materi, diadakan tanya jawab diantara peserta yang hadir.

Terlihat kehadiran peserta dari 25 perwakilan yang berjumlah 60 orang peserta, diantaranya dari LPM Kota Medan, Karang Taruna Kota Medan, Aisyiah Kota Medan, Muslimat Alwasliyah Kota Medan, Pramuka, Granat Kota Medan, LSM Gempur, Kader PKK Kecamatan Medan Tembung, Marelan, Belawan, Amplas dan Medan Deli serta beberapa perwakilan yang lainnya.

Pukul 12.30 WIB seluruh kegiatan selesai dengan digelar photo  bersama.

(Babe).

Posting Komentar

0 Komentar